Ziarah

Pelayanan ziarah merupakan kegiatan yang terbuka bagi masyarakat luas untuk berkunjung ke TMPN Utama Kalibata guna mengenang, menghormati dan menghargai jasa pahlawan/pejuang.

TMPN Utama Kalibata menyediakan beberapa pelayanan ziarah, antara lain:

Ziarah Perorangan
Ziarah Kelompok/Rombongan
Ziarah Nasional
Ziarah Khusus
Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)

 

Ziarah Perorangan

Ziarah perorangan adalah ziarah oleh keluarga dan anggota masyarakat yang dilaksanakan antara pukul 06.00 s.d. 18.00 WIB. Untuk melakukan ziarah perorangan, pihak yang akan melakukan ziarah diwajibkan melapor kepada petugas TMPN Utama Kalibata dan memenuhi kelengkapan dan tata cara upacara ziarah, antara lain:

Mengisi buku tamu.
Memberikan penghormatan di pintu gerbang dengan menghadap monumen baik pada waktu datang maupun kembali.
Menuju makam tujuan ziarah.

 

Ziarah Kelompok/Rombongan

Ziarah kelompok/rombongan adalah ziarah yang dilakukan oleh kelompok/rombongan di bawah seorang pimpinan pada waktu yang telah ditentukan dan dapat dilakukan dengan atau tanpa upacara militer.

Prosedur ziarah kelompok/rombongan dengan upacara militer:

Pimpinan kelompok/rombongan menyampaikan maksudnya secara tertulis selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum ziarah dilaksanakan.
Permohonan disampaikan kepada Komandan Garnisun Tap I  Jakarta dengan tembusan kepada pengelola TMPN Utama Kalibata.
Prosedur ziarah kelompok/rombongan tanpa upacara militer:
Pimpinan kelompok/rombongan menyampaikan maksudnya secara tertulis selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum ziarah dilaksanakan.
Permohonan disampaikan kepada Departemen Sosial Cq. Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Kejuangan dengan tembusan kepada pengelola TMPN Utama Kalibata.

 

Ziarah Nasional

Ziarah nasional adalah ziarah yang secara umum diikuti oleh segenap golongan dan dilaksanakan pada siang hari dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Ziarah Nasional dilaksanakn setiap tanggal 10 November yang penyelenggaraannya dikoordinasikan oleh suatu panitia sesuai dengan petunjuk Menteri Sosial RI .

 

Ziarah Khusus

Ziarah khusus adalah ziarah yang diselenggarakan dalam rangka kunjungan tamu negara yang dilaksanakan pada saat penerimaan tamu negara. Penyelenggaraannya dikoordinasikan oleh Menteri Sekretariat Negara RI dengan melibatkan instansi terkait lainnya.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS)

AKRS dilaksanakan pada malam hari pukul 00.00 WIB untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI , Hari TNI, dan Hari Pahlawan. Pelaksanaannya dikoordinasikan oleh suatu panitia atas petunjuk Menteri Sekretaris Negara RI untuk Hari Proklamasi 17 Agustus, Panglima TNI untuk Hari TNI 5 Oktober, dan Menteri Sosial RI untuk Hari Pahlawan tanggal 10 Oktober.