Dr. Mr. Muhammad Teuku Hasan

Dr. Mr. Muhammad Teuku Hasan

Tahun 1931 T. Muhammad Hasan berangkat ke negeri Belanda untuk belajar meskipun tidak disetujui oleh Pangrehpraja Belanda di Sigli untuk menuntut ilmu dibidang hukum.
Dalam bulan Agustus 1945 T. Muhammad Hasan diangkat menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) perwakilan dari Sumatera. Beliau ikut membahas UUD 1945 beserta pasal-pasal serta ikut memilih Presiden dan Wakil Presiden pertama.
Pada tahun 1945, T. Muhammad Hasan diangkat sebagai Wakil Pemimpin Besar Bangsa Indonesia untuk wilayah Sumatera, kemudian menjadi Gubernur Sumatera,
Dari bulan Desember 1948 sampai bulan Maret 1949, T. Muhammad Hasan menjabat sebagai Wakil Ketua Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) dan merangkap sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan serta Menteri Dalam Negeri.
Pada tahun 1950 – 1957 beliau menjabat anggota DPRS di Jakarta, Wk. Ketua Panitia Negara Urusan Pertambangan, Ketua Panitia Penasehat tentang Pelaksanaan Ordonasi Statistik, dan Gubernur d/p Kementerian Dalam Negeri.
Atas jasa-jasanya Pemerintah RI menganugerahi Gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor : 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006.

 

Posted in Pahlawan Nasional.